Pages

Saturday, October 4, 2014

How Do U can manage your time?


Hallo semuanya!!! Jumpa lagi nih sama saya Michelle.. hahaha.. Apa kabar kalian? Maaf yah uda lama ga ng-post lagi karena sibuk banget sama ngerjain tugas-tugas yang tiap hari ada hahaha..

Nah hari ini, gw mau ceritain ke lo-lo semua tentang sharing dari Ibu Angela waktu hari Kamis kemaren di kampusku..

Awalnya pas gw sama temen-temen selesai presentasi di kelas, tiba-tiba ada sesosok Ibu-ibu yang masih keliatan muda (walaupun mungkin sudah tidak muda lagi usianya hehehe) melihat-lihat ke dalam kelas kami, dan oleh dosenku dibawa masuk. Kita uda dikasih tau sih dari awal bakalan ada dosen tamu yang dateng buat sharing TIME MANAGEMENT.

Oke sehabis 6 kelompok selesai presentasi, Ibu Angelina ini maju ke depan dan membagikan sedikit sharing kepada kami..
 Jadi, Ia memberikan ilustrasi sedikit tentang 4 anak yang diminta oleh ayahnya untuk melihat pohon dengan 4 musim( 1 anak melihat 1 musim), nah ayahnya nanyain tuh apa komentar masing-masing anak? Satu anak berkomentar bahwa pohonnya ditutup salju, adalagi yang mengatakan tidak ada daun, daunnya berguguran, dan anaknya yang terakhir mengatakan bahwa pohonnya itu besar dan indah. Sebenarnya pernyataan dari anak-anak ini tidak salah, karena mereka melihat dari masing-masing musim. Nah begitu juga dengan kita, pasti kita sering banget kan ng-judge orang by it’s cover?? Tapi gak pernah liat dalamnya, dulu-dulunya gimana kan?? Contohnya, kita lihat itu orang sombong banget gara-gara ga pernah mau ngomong sama orang lain, tapi kamu gak tau kan bahwa ternyata orang itu pemalu tidak bisa ngajak ngomong orang lain duluan?  Selain itu dari ilustrasi tersebut saya dihadapkan dengan perumpamaan hidup dari musim-musim itu. Kalo misalnya  gw jadi pohon bagaimana keadaan sesulit apapun ingatlah masih ada musim lain dimana itu kehidupan kita gak selalu buruk karena pasti ada kalanya masa yang indah datang ke kehidupan kita. Serta kita juga perlu banget untuk bekerja keras dan berusaha dari sudut padang musim-musim tadi.

Contoh konkritnya deh nih kaya gw dapet tugas terus tiap hari tapi itu kan untuk minggu depan, nah dari situ gw belajar untuk menyicil satu per satu, atau ngerjain yang important dulu, nah baru sisanya yang bagi gw mudah itu dikerjain sehabis yang tugas paling penting selesai. Jangan malah karena mikir ini gampang semua akhirnya ga mau nyicil eh taunya uda deket-deket mau dikumpulin, malah tugas yang kita anggep gampang malah jadi urgent kerjainnya pas pagi-pagi mau dikumpulin

Nah abis itu Ibu Angelina ini cerita lagi..

Ini dia sosok bu Angelina



Tentang gimana sih Anda mengatur waktu Anda misalnya untuk pergi ke kampus?
misalnya nih ya, ke kampus nyampenya telat karena alasannya rumahnya jauh, macet dan lain sebagainya, kepikiran ga kalian harus bangun pagi daripada di jalan ngebut-ngebut di jalan karena takut telat? Atau di jalan kalian harus menerobos rel kereta api tapi tau kalo itu ditutup demi ke kampus gak telat? Misalnya kalian butuh waktu ke kampus 1 jam, dan kuliah mulai jam 7, kenapa kalian ga coba tidur lebih awa dan bangun jam 4.30?
Jadi, kita harus memulai dulu untuk bangun pagi, dari situ maka dari situ akan menjadi kebiasaan. 

 Contohnya lagi deh: kalian uda di kasih daya serap 100% sama Tuhan, terus di kampus kalian cuman denger dosen mengajar cuman 20%, kalau kita resapi dan kita tulis bertambah jadi 40%, kalo kita lakukan sendiri itu menjadi 50%, lalu kita ajarin orang lain menjadi 70%, kemudian kita repeat terus tiap hari jadi 90%, kalo kita lakukan setiap hari pasti bisa. Awalnya sulit tapi kalau kita biasa maka akan menjadi bisa. Walaupun sebenarnya kita memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Selain itu pasti kita semua punya tujuan ( ini berkaitan dengan bisnis) contohnya dalam bentuk waktu, uang, asset, investmen, dan passive income. Kalau kita bisa investasi maka sama aja kaya kita menabung untuk ke depan. Ada lagi 4 kebutuhan pokok contohnya keinginan kita seperti sandang, pangan, papan. Dan juga rasa nyaman seperti keluarga dan lingkungan. Nah jika kita mau sukses dalam suatu pekerjaan kita harus memperhatikan bagian mana dari diri kita yang ahli dalam bidang itu atau passion kita itu sebenarnya dimana. Memulai bisnis juga harus punya koneksi berarti harus menjalin hubungan dengan baik. Dan yang paling penting dari semua kita harus punya karakter yang baik dengan pemikiran bahwa Kita harus bisa memimpin diri sendiri sebelum memimpin orang lain.



                                                                              Dream, Focus and Do It

No comments:

Post a Comment