Pages

Thursday, September 18, 2014

Halte Manggarai salah satu peluang untuk membuka bisnis

me(pink) with my friends ini masih di campus lohh..
Loha.. loha untuk semua para bloggers tercinta :*:*... kali ini ada apa sih?! Penasaran kan kan kan?? (jawab aja iya walaupun nggak) hahaahhaa.. kali ini bakal berbeda dari beberapa post kemarin.. Hari ini tiba-tiba aku dapet inspirasi baru lohh.. Apa sihh? uda penasaran kannnn?? so, tadi abis pulang kampus aku iseng nih sama temen-temen pergi ke halte Manggarai di Jakarta Selatan pake busway.. tapi sebelom pergi ke sana, iseng dulu deh kita selfie..

  Perjalanannya cukup panjang, pertama harus nunggu lama dulu tuh di halte Yos Sudarso Kodamar, ampir sejam kalii!!! hahahaha, tapi iseng deh sambil nunggu sambil bikin video juga sama temen.. :P (maklum sedikit narsis)





Setelah beberapa kali transit terus pas di halte 1 lagi menuju halte Manggarai (tiba-tiba lupa apa namanya) eh, malah busway-nya mogokk... terpaksa deh jalan kaki! hahaha, sebelom melanjutkan perjalanan kita mampir dulu deh ke seven eleven untuk beli minum. 

Selesai itu, kita menyusuri jalan menuju halte Manggarai (cape sih, panjang perjalanannya, melebihi aku jalan dari kampus ke kost-an hahahha).. 

Dan akhirnyaaa!!!! setelah perjalanan panjang sampai juga di halte Manggarai!!! Wah ga nyangka bangettt begitu jalan melalui koridor menuju terminal.. tau ga kenapa?!? Soalnya pas jalan ke dalem ada gedung terminal bus Manggarai yang cukup besar, dan begitu aku masuk, kelihatan banget masih baru dengan cat yang serba putih, tapi tapi tapi.... ada 1 hal lain yang aku lihat tempatnya tidak cukup terawat, maksudnya tidak terawat tuh karena tempat sebesar itu tapi gak ada apa-apa.. tapi udah cukup modern soalnya dalemnya ada eskalator loh... walaupun ga berfungsii atau mungkin belom.. 


foto tampak samping




eskalator di terminal Bus Manggarai 


maaf yah kita sedikit narsis hahaha..^^


Jadi, yang aku tahu terminal bus Manggarai ini baru di renovasi dan baru diresmikan 16 April 2014 kemarin, tapi masih ada kekurangannya karena belom ada jembatan penghubung antara terminal Manggarai dengan Stasiun Kereta Api Manggarai..

Bangunannya terdiri dari 4 lantai dengan dominasi kaca dan cat putih, atapnya berbentuk setengah lingkaran. Terus terminal ini di bagi menjadi 3 jalur untuk angkutan umum. Berupa mikrolet, kopaja, dan metromini. Dan begitu aku naik ke lantai 2 ternyata di dalamnya terdapat sebuah lift! Bener-bener uda modern sih menurut aku, sangat beda sama terminal lain.


Jadi, setelah melihat bangunan ini aku tiba-tiba dapat inspirasi nih, soalnya karena terminal ini belum ada isi apa-apa, jadi aku sedikit ngebayangin, andai aku membuka bisnis disana

Menurut aku di paling bawah, bisa di jadikan kantin, tempat untuk para supir dan yang lain untuk beristirahat, dan yang pasti dengan harga yang terjangkau.

area lantai 1 sebelah kiri
Di mulai dari lantai 1 karena tempatnya cukup besar di paling ujung kiri itu bisa di pakai tempat untuk berjualan kopi atau teh dengan di tengah view nya jalanan disana + bisa untuk smoking area, dan untuk area lantai 1 sebelah kanan adanya tempat untuk jualan roti dan cemilan ringan, dan pastinya untuk setiap lantai juga terdapat toilet.  Abis itu aku jadi kepikiran untuk buka usaha refleksi kaki, kan biasa nya tuh abis nunggu lama kedatangan busway, atau yang lama duduk pasti suka ada yang sakit badan dong maka dari itu ini juga peluang yang cukup bagus untuk membuka lapak pijat kaki atau badan.. Terus untuk di setiap lantai ada tempat untuk mengambil minum gratis yang langsung dari keran kaya di luar negri gitu hahaha..
Terus rencananya di setiap pinggiran ada tempat untuk duduk dan juga tempat colokan tapi tetap harus bayar jika mau colok ke stop kontak
area lantai 1 sebelah kanan


area lantai 2
Untuk lantai 2 area ini cocok untuk di jadikan minimarket, atm center, tempat menjual souvenir asli dari Jakarta dan beberapa fast food. Untuk area lantai 2 ini, konsep designnya diganti bukan menjadi warna putih tapi menjadi berwarna.


Lalu untuk di lantai 3 yang cocok menurut aku itu adalah foodcourt karena sambil menunggu angkutan datang kita masih tetap bisa mengisi perut kita dan juga ada kantor pengelola terminal. 

Selain itu juga perlu akses jembatan penghubung menuju Pasaraya, jadi pengunjung yang datang dari Pasaraya bisa langsung masuk ke terminal ini melalui jembatan penghubung, tanpa harus keluar dulu dari sana. 



pasaraya


Sehabis dari terminal kami sempat foto-foto dulu loh selfie sedikit selanjutnya kita semua pulang deh lagi  ke kampus pake busway.


perjalanan pulang ke kampus sambil menunggu busway datang


ceritanya lagi selfie with tickets

Sekilas inspirasiku untuk halte Manggarai, agar dapat menjadi suatu bisnis baru, yang menyebabkan banyak pengunjung datang. Dan yang paling penting perlu kita benahi dulu dalamnya agar dapat berfungsi dengan baik.. Keuntungan dari bisnis ini sendiri sih yang paling penting biar halte Manggarai ini terkenal, dalam arti halte ini lebih sering dikunjungi oleh konsumen, menjadi salah satu hal yang baru di dalam halte, sehingga mungkin tempat ini menjadi tempat nongkrong anak muda, dan akses yang mudah dari pasaraya menuju ke halte. 

JADI, untuk kita semua yang mau menjadi pembisnis MUDA, mau yang pinter atau gak, yang penting kita punya IMAGINATION!! Why?? karena dengan imajinasi kita bisa berpikir secara kreatif untuk memulai atau membuka suatu usaha baru dan memanfaatkan segala yang ada, kalau dapat inspirasi langsung catet deh siapa tahu suatu saat menjadi kenyataan..  Sekian dari halte Manggarai with Manggarai'ers
 :)

numpang narsis sedikit ya^^

No comments:

Post a Comment